E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian
Abstract
Sektor pertanian cukup memiliki peranan penting dalam upaya mendukung perekonomian Indonesia. Namun disisi lain, terkadang banyak kelompok masyarakat tidak diuntungkan akibat permasalahan yang timbul karena rantai distribusi produk pertanian tersebut yang cukup panjang terutama bagi petani dan konsumen (end user). Tentu saja keadaan tersebut harus diperbaiki, agar hasil pertanian Indonesia dapat dinikmati oleh konsumen atau petani dengan layak. Salah satu usahanya adalah dengan membangun sistem peniagaan berbasis e-commerce di bidang pertanian. Sistem perniagaan berbasis e-commerce dapat dijadikan sebagai alternatif bagi petani petani, dijadikan sebagai media promosi, komunikasi dan informasi serta dapat memotong rantai distribusi pemasaran hasil pertanian. Manfaat yang dirasakan oleh para petani dan konsumen secara langsung dan tidak langsung memberi pengaruh positif, terutama dari semakin luasnya jalur pemasaran hasil pertanian dapat meningkatkan permintaan produksi serta memacu pengadaan produksi di kalangan petani dan juga harga di tawarkan ke konsumen akan dapat lebih murah sehingga penjualan di hasil pertanian dapat lebih meningkat dan menguntungkan bagi petani
Downloads
References
[2] Kalakota, R and Whinston, A.B. 1997. Electronic Commerce: A Manager’s Guide. New Jersey: Addison-Wesley Professional.
[3] Laudon, J., dan Laudon, K. C. 1998. Essential of management information system. Prentice Hall.New jersey
[4] Angga, K.P et al., 2017. Rancang Bangun Aplikasi Marketplace penyedia jasa les private di kota Pontianak Berbasis Web. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi,2 (5), pp.1-5.
[5] Brunn Peter, Jensen Martin, Skovgaard Jakob. 2002. e-Marketplaces: Crafting A Winning Strategy. European Management Journal Vol. 20, No. 3, pp. 286–298
[6] Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid 2. Prenhallindo, Jakarta.
[7] Martin S, Colleran G, 2006, Sold! Bagaimana Memudahkan Konsumen Membeli dari Anda, Erlangga, Jakarta
[8] Sultoni,A, Unang, Achlison., 2015. Sistem Informasi E-Commerce pemasaran hasil pertanian desa kluwan berbasis web. Jurnal e-bisnis,8 (7),pp.42-48.
[9] Seminar Nasional Teknologi Informasi, Bisnis, dan Desain, 2016. STMIK-Politeknik PalComTech: Merketplace dan E-Commerce bagi petani guna peningkatan penjualan hasil pertanian. Palembang, Indonesia12 Mei 2016. PalComTech Publish: Palembang.
[10] Badan Pusat Statistik. 2016. Lubuklinggau Dalam Angka 2014-2015. Sumatera Selatan: BPS
Copyright (c) 2017 Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) sebagai publisher yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) ;