E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian

  • Deni Apriadi STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau
  • Arie Yandi Saputra

Abstract

Sektor pertanian cukup memiliki peranan penting dalam upaya mendukung perekonomian Indonesia. Namun disisi lain, terkadang banyak kelompok masyarakat tidak diuntungkan akibat  permasalahan yang timbul karena rantai distribusi produk pertanian tersebut yang cukup panjang terutama bagi petani dan konsumen (end user). Tentu saja keadaan tersebut harus diperbaiki, agar hasil pertanian Indonesia dapat dinikmati oleh konsumen atau petani dengan layak. Salah satu usahanya adalah dengan membangun sistem peniagaan berbasis e-commerce di bidang pertanian. Sistem perniagaan berbasis e-commerce dapat dijadikan sebagai alternatif bagi petani petani, dijadikan sebagai media promosi, komunikasi dan informasi serta dapat memotong rantai distribusi pemasaran hasil pertanian. Manfaat yang dirasakan oleh para petani dan konsumen secara langsung dan tidak langsung memberi pengaruh positif, terutama dari semakin luasnya jalur pemasaran hasil pertanian dapat meningkatkan permintaan produksi serta memacu pengadaan produksi di kalangan petani dan juga harga di tawarkan ke konsumen akan dapat lebih murah sehingga penjualan di hasil pertanian dapat lebih meningkat dan menguntungkan bagi petani

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Bhinadi, A., 2012. Struktur Pasar, distribusi, dan pembentukan harga beras. Jurnal ekonomi dan stru pembangunan, 1 (13) pp.24-32.
[2] Kalakota, R and Whinston, A.B. 1997. Electronic Commerce: A Manager’s Guide. New Jersey: Addison-Wesley Professional.
[3] Laudon, J., dan Laudon, K. C. 1998. Essential of management information system. Prentice Hall.New jersey
[4] Angga, K.P et al., 2017. Rancang Bangun Aplikasi Marketplace penyedia jasa les private di kota Pontianak Berbasis Web. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi,2 (5), pp.1-5.
[5] Brunn Peter, Jensen Martin, Skovgaard Jakob. 2002. e-Marketplaces: Crafting A Winning Strategy. European Management Journal Vol. 20, No. 3, pp. 286–298
[6] Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid 2. Prenhallindo, Jakarta.
[7] Martin S, Colleran G, 2006, Sold! Bagaimana Memudahkan Konsumen Membeli dari Anda, Erlangga, Jakarta
[8] Sultoni,A, Unang, Achlison., 2015. Sistem Informasi E-Commerce pemasaran hasil pertanian desa kluwan berbasis web. Jurnal e-bisnis,8 (7),pp.42-48.
[9] Seminar Nasional Teknologi Informasi, Bisnis, dan Desain, 2016. STMIK-Politeknik PalComTech: Merketplace dan E-Commerce bagi petani guna peningkatan penjualan hasil pertanian. Palembang, Indonesia12 Mei 2016. PalComTech Publish: Palembang.
[10] Badan Pusat Statistik. 2016. Lubuklinggau Dalam Angka 2014-2015. Sumatera Selatan: BPS
Published
2017-10-24
How to Cite
Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 131 - 136. https://doi.org/10.29207/resti.v1i2.36
Section
Artificial Intelligence