Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode RAD
Abstract
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin berkembang, hal ini terlihat dari meningkatnya pertumbuhan ekonomi sebesar 5,18% di tahun 2016. Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya bidang usaha yang berkembang dan menimbulkan persaingan usaha yang juga semakin ketat. Persaingan usaha tidak hanya berlaku pada bagaimana cara memperoleh pelanggan sebanyak mungkin, namun sekarang ini persaingan usaha juga berupa bagaimana mempertahankan pelanggan dan memberikan kepuasan terhadap pelanggan sehingga pelanggan merasa dilayani sebagai raja. Customer Relationship Management merupakan salah satu cara dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, kesulitan-kesulitan dalam memahami dan menganalisis kebutuhan pelanggan dapat dilakukan dengan membangun CRM yang baik. Metode Rapid Application Development dapat memberikan kecepatan dan efisiensi dalam membangun CRM. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode RAD, proses pembangunan sistem CRM menjadi lebih cepat dan sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha. Selain itu dengan adanya CRM, tingkat kepuasan pelanggan meningkat hingga 85% dan memudahkan pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.
Downloads
References
[2] Gaffar, Vanessa. 2007. CRM dan MPR Hotel.
Bandung: Alfabeta.
[3] Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
[4] Ningsih, dkk., 2016. Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 30 (1), pp. 171-177
[5] Noorhansyah, Pratomo. 2016. Penerapan Model Customer Relationship Management Pada Metodologi FAST (Studi Kasus: Pengembangan Portal Akademik Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin). Jurnal POSITIF. 1 (2). Pp. 25-32
[6] Temporal, Paul dan Martin Troot. Romancing the
Customer. Terjemahan oleh Kusnandar. Jakarta: Salemba Empat.
[7] Buttle, Francis. 2007. Customer Relationship
Management (Manajemen Hubungan Pelanggan). Terjemahan oleh Arief Subiyanto. Malang : Bayu Media Publishing.
[8] Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
[9] Pressman, Roger S. 2012. Software Engineering: a practitioner’s approach, 7th Edittion. New Work: Mcgraw-Hill.
[10] Carrisa, dkk. 2014, Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Bandung Sport Distro Malang), Jurnal Administrasi Bisnis, 15 (1). pp 1-11.
[11] Montana, Sugiarto. Noor Muwasiq. 2010. Pengembangan Customer Relationship Management Berbasis Sistem E-Commerce. CommIT, 4 (2), pp. 139 - 149
[12] Dyantina, Ovi. dkk. 2012. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN), Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4 (2), pp 516-529.
[13] Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall, 2010, Analisis dan Perancangan Sistem, Jakarta , PT Indeks
[14] Noertjahyana, A. 2002. Studi Analisis Rapid Application Developement sebagai salah satu alternatif metode pengembangan perangkat lunak. Jurnal Informatika vol. 3, No. 2. Pp. 74-79.
Copyright (c) 2017 Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright in each article belongs to the author
- The author acknowledges that the RESTI Journal (System Engineering and Information Technology) is the first publisher to publish with a license Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors can enter writing separately, arrange the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (eg sent to the author's institutional repository, publication in a book, etc.), by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in the RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) journal ;