Pengaruh e-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha

  • Dorris Yadewani AMIK Jayanusa
  • Reni Wijaya
Keywords: Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, E-Commerce

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis pengaruh e-commerce terhadap minat berwirausaha mahasiswa AMIK Jayanusa Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dimana yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa AMIK Jayanusa yang terdaftar pada semester ganjil pada tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 164 orang. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10 persen, maka jumlah sampel yang didapat adalah 100 orang dengan kuesioner skala likert sebagai metode pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Random sampling. Tehnik analisa data menggunakan analisis regresi sederhana, uji Validitas dan uji Reliabilitas. Hasil penelitian diperoleh sig 0,01 maka < 0,05 sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh antara e-commerce dengan minat berwirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] I. E. Mujiyana, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online,” Teknol. Inf., vol. VIII, no. 3, pp. 143–152, 2013.
[2] R. Rahmidani, “Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan,” in SNEMA, 2015.
[3] S. Maryama, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha,” J. Liq., vol. 2, no. 1, pp. 73–79, 2013.
[4] D. Y. Reni Wijaya, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan E Commerce,” Tekhnologi Inf. Pendidik., vol. 8, pp. 103–108, 2015.
[5] M. Ginting and E. Yuliawan, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa ( Studi Kasus Pada Stmik Mikroskil Medan ),” Wacana, vol. 15, no. 12–18, pp. 61–69, 2012.
[6] S. M. Uldi Pristiana, Amiartuti Kusumaningtyas, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Wanita Berwirausaha Di Kota Surabaya,” J. Pendidik dan Pendidik., vol. 20, no. 1, pp. 81–95, 2005.
[7] S. S. Kadarsih, Susilianingsih, “Faktor- faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS,” Jupe UNS, vol. 2, no. 1, pp. 95–106, 2013.
[8] C. T. U. Jhoni Sugiarto, Wismanto, “Efektivitas Pelatihan Entrepreneurship Skill Untuk Meningkatkan Minat Menjadi Entrepreneur,” Prediksi, vol. 4, no. 1, pp. 51–60, 2015.
[9] N. Walipah, “Faktor - faktor Yang Mempengaruhi Niat Berwirausaha Mahaisiwa,” JEM, vol. 3, pp. 138–144, 2016.
[10] E. Aprilianty, “Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK,” Pendidik. Vokasi, vol. 2, no. 3, pp. 311–324, 2012.
Published
2017-08-25
How to Cite
Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh e-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64 - 69. https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.6
Section
Artikel Rekayasa Sistem Informasi