Model Sistem Penjaminan Mutu Berbasis Integrasi Standar Akreditasi BAN-PT dan ISO 9001:2008

  • Mercurius Broto Legowo Perbanas Institute- Jakarta
  • Budi Indiarto
Keywords: Sistem Penjaminan Mutu, Model Integrasi, ISO 9001:2008, Standar Akreditasi BAN-PT

Abstract

Sistem Penjaminan Mutu untuk Perguruan Tinggi mutlak diperlukan untuk menjamin kualitas pendidikan, khususnya program studi. ISO 9001: 2008 adalah standar untuk sistem manajemen mutu dan Akreditasi BAN-PT merupakan standar untuk peningkatan proses akademik yang berkualitas untuk perguruan tinggi. Permasalahan akan timbul bila kedua set dokumen tersebut akan diintegrasikan ke dalam suatu model sistem penjaminan mutu. Hal ini disebabkan adanya perbedaan bahasa, struktur, dan rincian kedua set dokumen tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model sistem penjaminan mutu dengan melakukan integrasi akreditasi BAN-PT dan ISO 9001: 2008. Metode Yang digunakan dalam mengintegrasikan dua dokumen dalam penelitian ini adalah metode komparatif, metode pemetaan dan model harmonisasi. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini menunjukkan efisiensi penggunaan kembali klausul dan persyaratan ISO dalam penerapan akreditasi BAN-PT dan efektifitas suatu penerapan akreditasi BAN-PT dalam proses adopsi ISO. Model ini akan menjadi alat yang sangat berguna untuk perguruan tinggi bersertifikat ISO yang berencana menerapkan Akreditasi BAN-PT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), 2015. Akreditasi Program Studi [Online].Available at: http://ban-pt.kemdiknas.go.id/rasional.[Accessed 2 Nopember 2016]
[2] Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) 2010. Sistem Penjaminan Mutu Pergutuan Tinggi (SPM-PT). [Online]. Available at: http://spmi.ristekdikti.go.id/klinikspmi/downloadtutorial/2l. [Accessed 1 Jumi 2017]
[3] Internasional Standard for Organization (ISO), 2008. SNI ISO 9001:2008 [Online]. Available at: http://www.iso.org/iso/catalog_detail,. [Accessed 2 Januari 2017]
[4] Ryan, Tricia.” Quality Assurance in Higher Education: A Review of Literature”. Higher Learning Research Communications Journal, Volume 5, No. 4 December 2015.
[5] Paulk, C.Mark “How ISO 9001 Compares With The CMM, IEEE Software, Vol 12, No.1 p74-92, January, 1995
[6] Mutafelija, B and Stromberg, H, “Process Improvement with CMMI®, v1.2 and ISO Standard, CRC Press, Taylor and Franciss Group.2009
[7] Pardo, Cesar.,Pino J.Francisco., Garcia, Felix., Platini, Mario Arcia, “Identifying Methods and Technique for the Harmozation of the Multiple Process References Model, 5th International Conference on Evaluation of Novel Approaches to Software Engineering-ENASE2010, Athens, Greece, ISSN 0012-7353, 2012
[8] H. Asy’ari, “Perbandingan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008, Standard BAN-PT dan Total Quality Management di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang”. Jurnal Pendidikan Islam ,Volume IV, Nomor 1, Juni 2015/1436, pp.141-157, 2015
[9] T.W Soerjaningsih,“ Peningkatan Mutu Proses Perguruan Tinggi Melalui Sistem Mutu ISO 9001”. Journal The WINNERS, Vol. 5 No. 2, September 2004: pp. 79-89
[10] T. Chandrawati, S.Puspitasari dan Jasrial, “Pengaruh Pencapaian ISO 9001:2000 Terhadap Peningkatan Kualitas Layanan Belajar Jarak Jauh di 11 UPBJJ-UT”. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 10, Nomor 2, September 2009, pp.84-99
[11] R.Renaldi, Sholiq, dan F.A Muqtadiroh, “Rancang Bangun Perangkat Lunak Sistem Pendokumentasian Kegiatan penelitian, Pelayanan/Pengabdian Masyarakat dan Sistem Kerjasama untu Pengembangan Sistem Informasi Terintegrasi Sesuai Kebutuhan Pengisian Borang Akreditasi BAN-PT pada Jurusan Sistem Informasi, Jurnal Teknik POMITS Vol. 1, No. 1. 2013. pp1-6
[12] Yoo. Chanwo, Yoon. Junho, Lee. Byungjeong, Lee. Chongwon, Lee. Jinyong, Hyun. Seunghun and Wu.Chisu.”A Unified Model for The Implementation of both ISO 9001:2001 and CMMI by ISO Certfied Organisastion”. Journal of System and Software. Vol.79. No.1. Elseiver inc. 2006.
[13] Robert C. Bogdan dan Steven J. Taylor, Introduction to Qualitative-Research methods, New York: John Wiley & Sons, 1975), pp.4.
[14] Mattew B. Miles & Huberman, Analisis Data Kualitatif, (Jakarta: UI-Press., 1992), pp 15.
Published
2017-10-11
How to Cite
Broto Legowo, M., & Indiarto, B. (2017). Model Sistem Penjaminan Mutu Berbasis Integrasi Standar Akreditasi BAN-PT dan ISO 9001:2008. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 90 - 98. https://doi.org/10.29207/resti.v1i2.51
Section
Artikel Teknologi Informasi