Pengembangan Sistem Informasi Kerjasama Berbasis Web Studi Kasus: Pada SEAMOLEC

  • Castaka Agus Sugianto Politeknik TEDC Bandung
  • Iqna Aulia
Keywords: SEAMOLEC, Waterfall, PHP, MySQL, Sistem Informasi, Kerjasama.

Abstract

South East Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC) merupakan salah satu instansi yang memiliki 500 mitra kerjasama baik dalam dan luar negeri. Saat ini data kerjasama pada SEAMOLEC belum terintegrasi dengan baik. Data antara pihak penyelenggara kerjasama atau dalam hal ini disebut mitra SEAMOLEC dicatat dalam bentuk file berupa excel/word yang terpisah. Proses penyusunan dan pencarian data instansi yang melangsungkan kerjasama dalam periode waktu tertentu membutuhkan proses dan waktu yang lama. Selain itu work plan kerjasama masih mengalami kendala, pihak SEAMOLEC harus menanyakan dan mencatat keinginan work plan masing-masing pihak dan mengumpulkan laporan kegiatan dari tiap work plan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem informasi kerjasama berbasis website untuk memudahkan penyusunan dokumen kerjasama, membantu mempercepat pencarian arsip dan memantau rencana kegiatan (work plan). Metode yang digunakan adalah waterfall. Perancangan database menggunakan MySQL dan bahasa pemrograman yang digunakan PHP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya sistem informasi kerjasama maka dapat membantu dalam penyusunan dokumen, mempercepat pencarian arsip dan memantau work plan secara online sehingga lebih terkontrol. Hasil pengujian sistem menggunakan metode black box menunjukkan hasil bahwa semua fitur sistem berjalan dengan baik dan hasil pengujian User Acceptance Test (UAT) sistem ini memperoleh nilai dengan presentasi 94%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] SEAMOLEC, “SEAMEO SEAMOLEC Profile,” Tangerang Selatan, Tanggerang Selatan, 2016.
[2] B. Uddin and R. Yuni, “Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Digital ( SIPAD ) Berbasis Web Studi Kasus : Bagian Kepegawaian Politeknik TEDC Bandung ISBN : 979-26-0280-1 ISBN : 979-26-0280-1,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan (SEMANTIK), 2015, pp. 83–88.
[3] Sumardi and K. Widyatmoko, “Perancangan Sistem Informasi Kearsipan Kopertis Wilayah VI Semarang,” Techno.com, vol. 11, no. 1, pp. 37–46, 2012.
[4] T. W. A. Putra and Q. Shinta, “Rancang Bangun Aplikasi E-File Sebagai Sarana Pengumpulan Data Dosen,” in Science And Engineering National Seminar, 2015, vol. 1, no. Sens 1, pp. 331–344.
[5] S. Amin and K. Siahaan, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Berbasis Web Pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (Stit)Kabupaten Tebo,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2016.
[6] R. S. Presman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi), 7th ed. Jogjakarta: Andi Offset, 2012.
Published
2017-10-28
How to Cite
Sugianto, C. A., & Aulia, I. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Kerjasama Berbasis Web Studi Kasus: Pada SEAMOLEC. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 137 - 145. https://doi.org/10.29207/resti.v1i2.31
Section
Artikel Teknologi Informasi