Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Omset Pada Komunitas Pengusaha Muslim

  • Wahyu Pramusinto Universitas Budi Luhur
  • Tri Ika Jaya Kusumawati Universitas Budi Luhur
  • Gunawan Pria Utama Universitas Budi Luhur
Keywords: umkm, sosial media marketing, digital marketing

Abstract

Komunitas Pengusaha Muslim merupakan sebuah lembaga yang berlokasi di Tangerang dan bergerak di bidang pelatihan bisnis dan kewirausahaan. Lembaga ini memiliki anggota para pemilik UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang berada di sekitar Jabodetabek.. UMKM ini bergerak di berbagai bidang seperti fashion dan kuliner.  Para pemilik UMKM berusia antara 18-40 tahun ini diberikan pembinaan agar bisa menciptakan pasar muslim yang kuat. Kebanyakan para pemilik UMKM ini mempromosikan produknya secara offline tanpa menggunakan sosial media. Selama ini target market mereka hanya orang-orang yang berada di sekitar lokasi bisnisnya saja. Sosial media marketing (SMM) adalah strategi, teknik dan proses marketing yang menggunakan sosial media sebagai sarana untuk mempromosikan produk atau jasa. Instagram dan Facebook merupakan sosial media yang banyak digunakan untuk pemasaran online. Dengan menggunakan sosial media, target pasar menjadi lebih luas. Dengan semakin meluasnya target pasar, diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan omset. Tujuan dari kegiatan kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan penggunaan sosial kepada para pemilik UMKM yang menjadi anggota Komunitas Pengusaha Muslim agar memiliki daya saing global. Harapan dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk membantu para pemilik UKM yang menjadi anggota Komunitas Pengusaha Muslim agar dapat menggunakan sosial media facebook dan instagram untuk mempromosikan bisnis sehingga omset mereka bisa meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-30
Section
Articles