Pelatihan Peningkatan Kualitas Siswa-Siswa PKBM Pada Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Program Microsoft Powerpoint

  • Rizky Pradana Universitas Budi Luhur
  • Mardi Hardjianto Universitas Budi Luhur
  • Dwi Achadiani Universitas Budi Luhur
  • Riri Irawati Universitas Budi Luhur
  • Indah Puspasari Handayani Universitas Budi Luhur
Keywords: Microsoft Power point, presentasi, PKBM, Standar kerja

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju, ditandai dengan kemajuan di dunia industri yang sudah memasuki era 4.0, maka dibutuhkan tenaga kerja yang terbiasa terhadap teknologi. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang diangkat dalam pengabdian pada masyarakat kali ini adalah perlunya peningkatan kemampuan dari peserta pelatihan untuk pembekalan masa depan mereka dalam memenuhi standar kerja di era industri 4.0 saat ini. Kegiatan pelatiahn ini kali ini bekerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Sasaran dari pelatihan ini adalah siswa-siswa yang memiliki latar pendidikan paket A, B dan C atau setara dengan Sekolah Menengah Atas dengan rentang usia antara 16 sampai 26 tahun. Adapun kebutuhan pelatihan dari PKBM adalah pelatihan Microsoft Powerpoint sebagai media pembelajaran yang bertujuan meningkatkan kemampuan keahlian komputer dalam membuat presentasi yang interaktif bagi para siswa-siswi PKBM dan untuk membantu pekerjaan mereka sehari-hari, yang nantinya dapat digunakan untuk kepentingan masa depan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini pelaksanaannya terdiri dari Pre-test, pemberian materi, post-test dan pengisian kuisioner. Dari hasil rata-rata pre-test dengan post-test menunjukkan peningkatan hasil nilai akhir, nilai rata-rata pre-test sebesar 68,9 skor dan hasil nilai rata-rata post-test sebesar 80 skor. Berdasarkan hasil dari kuesioner yang diberikan adalah sangat baik, dapat dilihat dari nilai rata-rata koresponden terhadap instruktur, penilaian terhadap sarana dan prasarana, dan pemberian materi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-30
Section
Articles